Simplipy

Cara setting Robot.txt dan Tag Tajuk Robot khusus ini diartikan agar artikel atau postingan anda dapat dengan mudahnya di rayapi/ di index oleh mesin pencarian. Dengan menerapkan robot.txt pada blogspot anda maka blog yang dikelola akan lebih SEO Friendly. Mengatur Robot.txt juga salah satu bagian dari langkah optimasi search engine. Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengaktifkan robot.txt di blogspot agar tetap aman dan nyaman.

Namun sebelum itu, perlu anda ketahui secara singkat apa itu Robot.txt? Robot.txt merupakan sebuah konversi untuk memerintah atau meminta web crawler/robot mesin pencarian untuk merayapi dan menelusuri semua halaman pada blog/website. Lalu bagaimana ilustrasi dari penggunaan robot.txt ini? Misalkan saja, blog anda ada beberapa halaman yang tidak ingin anda index atau barangkali anda tidak ingin google merayapi blog yang dikelola, maka anda bisa memanfaatkan kegunaan dari Robot.txt ini untuk memblogkir halaman tersebut.

Sebelum mengaktikan robot.txt, alangkah baiknya anda berhati hati dalam menyetting robot.txt pada blogspot anda karena jika terjadi sedikit kesalah di dalam pengaturannya maka fitur ini dapat mengaktibatkan blog anda diabaikan oleh mesin pencarian.

Cara Setting Robot.txt Khusus Yang Benar dan Baik

1. Menggunakan Robot.txt Default

Pada dasarnya sewaktu blog sudah selesai dibangun, blog tersebut akan membawa beberapa bawaan standart dari blogger seperti halnya robot.txt. Menggunakan Robot.txt default dalam artian masih bawaan dari blogger adalah hal yang paling baik dan aman, bukan itu diartikan tidak efektif. Anda tidak wajib untuk mengubah settingan robot.txt pada blogspot, karena fitur robot.txt sudah diaktifkan pada saat pertama anda membangun sebuah blogspot. Nah jika anda penasaran bagaimana cara melihat robot.txt yang aktif pada blogspot, maka anda perlu mengecek dengan cara ini http://namablogsobat.blogspot.co.id/robot.txt jika anda sudah melihatnya maka robot.txt standar maka akan tampak seperti di bawah ini. 
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
Sitemap: http://namablogsobat.blogspot.co.id/sitemap.xml
Keterangan.

  • User-agent: * adalah semua robot dalam mesin pencarian.
  • Disallow: /search digunakan untuk tidak mengizinkan robot merayapi/menelusuri halaman pada search.
  • Allow: / digunakan untuk mengizinkan halaman blogspot anda diizinkan untuk dirayapi oleh robot dan tan (/) adalah nama blog.
  • User-agent: Mediapartners-Google (Penanda bahwa blog anda bekerja sama dengan adsense)
  • Disallow digunakan untuk yang tidak diperbolehkan tidak ada.
  • Sitemap: http://namablogsobat.blogspot.co.id/sitemap.xml adalah peta situs blog anda

Namun sebelum itu, kita focuskan terlebih dahulu pada kode Disallow:/search kode ini digunakan utnuk memerintah robot atau mesin pencarian untuk tidak merayapi dan menulusuri pada bagian halaman Search contohnya di halaman http://namablogsobat.blogspot.co.id/search/label/belajar%20seo karena alamat/url ini tidak menunjukan ke suatu halaman penuh.

2. Menggunakan Custom Robot.txt

Jika anda ingin tetap memodifikasi custom robot yang lain dan tetap aman untuk blogger, maka modifikasi kode dengan menggunakan kode robot.txt seperti berikut ini.
User-agent: *
Disallow: /p/about.html
Disallow: /p/contact.html
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
Allow: /
Sitemap: http://namablogsobat.blogspot.co.id/sitemap.xml
Customisasi pada robot.txt ini hanya ditambahkan kode pada about dan contact jadi pada intinya kita tidak akan mengijinkan robot mesin pencarian merayapi halaman about dan halaman contact yang dibuat pada halaman statis.

Cara Mengaktifkan dan Menerapkan Robot.txt di blogspot blogger.com

Pada berikut ini adalah langkah-langkah cara untuk menerapkan customisasi robot.txt pada blogger. Caranya sangat mudah sekali, pertama login dan masuk ke dashboard blogger kemudian klik menu Setelan > Preferensi Penulusuran. Langkah selanjutnya aktifkan robot.txt dan masukan kode customisasi robot.txt diatas pada kolom tersebut seperti gambar yang sudah saya sediakan di bawah ini.
Cara mengaktifkan Robot.txt di Blogger

Cara Setting dan Mengaktifkan Tag Tajuk Robot Khusus Di Blogger

Untuk mengaktifkan tag tajuk robot khusus di blogger anda maka silahkan anda klik menu Setelan > Preferensi Penulusuran > Tag Tajuk Robot Khusus. Lalu anda setting tag tajukk robot khusus tersebut seperti gambar di bawah ini.
Cara mengaktifkan tag tajuk robot khusus
Settingan diatas menunjukan bahwa robot boleh merayapi dan mengindeks semua halaman yang anda di beranda/homepage blog defaultnya beranda juga termasuk postingan dan laman. Tetapi tidak akan mengindex/merayapi laman arsip dan penulusuran.

Demikianlah bagaimana cara mensetting dan mengaktifkan robot.txt serta tag tajuk robot khusus di blogspot. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts

Simplipy
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.